Minggu, 06 Januari 2013

Apakah Anda Extrovert atau Introvert?




Cobalah jawab pertanyaan di bawah ini dengan “Ya” atau “Tidak

1.      Saya lebih menyukai pembicaraan satu lawan satu dibanding diskusi secara grup

2.      Saya lebih sering mengutarakan perasaan saya dengan menulis

3.      Saya menikmati kesendirian saya

4.      Saya sepertinya lebih tidak peduli tentang kemakmuran, status dan ketenaran    dibanding rekan-rekan saya

5.      Saya tidak menyukai perbincangan ringan namun saya menikmati perbincangan secara dalam tentang topic yang penting menurut saya

6.      Orang-orang mengatakan saya bahwa saya adalah pendengar yang baik.

7.      Saya bukanlah seorang pengambil resiko yang besar.

8.      Saya menikmati pekerjaan yang membiarkan saya terjun dengan dalam dan dengan sedikit interupsi

9.      Saya suka merencanakan ulang tahun dengan skala kecil dan hanya dengan 1 atau 2 teman dekat atau keluarga.

10.  Orang-orang mendeskripsikan saya sebagai “Mellow” atau “pembicara yang lembut”

11.  Saya lebih memilih untuk tidak menunjukkan atau mendiskusikan pekerjaan saya kepada orang lain hingga pekerjaan saya selesai.

12.  Saya tidak menyukai konflik.

13.  Saya melakukan pekerjaan saya yang terbaik dengan bekerja sendiri.

14.  Saya cenderung berfikir dulu sebelum berbicara.

15.  Saya tidak mengangkat telepon walaupun saya bisa dan memiliki waktu untuk mengangkatnya

16.  Jika saya disuruh untuk memilih, saya lebih memilih weekend dengan tidak ada acara dibanding dengan yang penuh acara.

17.  Saya tidak menyukai multitasking

18.  Saya dapat berkonsentrasi dengan mudah.

19.  Untuk situasi di kelas, saya lebih memilih diajar oleh guru dibanding diskusi berkelompok.

Jika jawaban anda kebanyakan “Ya” berarti anda adalah orang yang Introvert. Jika jawabannya  kebanyakan “Tidak” anda berarti orang yang extrovert. Jika jawaban anda cukup berimbang berarti anda adalah orang yang “Ambivert”

Setiap orang memiliki tipe extrovert dan introvert di dalam dirinya. Namun pada beberapa orang salah satu sifat sangat dominan dibanding sifat lain. Ambivert adalah tipe orang yang seimbang antara extrovert dan introvert.


Bagaimana mungkin seseorang bisa memiliki Introvert dan Extrovert sekaligus? Sesungguhnya manusia adalah mahluk yang sangat complex dari  dari segi kepribadian dan hal ini adalah yang wajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar